Tuesday, April 15, 2014

Install Driver NVIDIA MX 4000 di Linux Slackware 12.1

nvidia on slackware
Bagi anda yang masih menggunakan Wind*** biasanya saat anda terpaksa atau rutin meng-install ulang Sistem Operasi Wind*** karena terinfeksi virus, file system corrupt, partisi rusak, pernah di hack, bosan update melulu, banyak kutunya, sering hang, atau booting lambat dan masih banyak keluhan lainnya di sistem operasi tersebut :(. Secara default sudah mengenali hardware VGA Driver NVIDIA walaupun kinerja belum optimal, lalu install menggunakan CD bawaan pabrik, atau mengunduh di internet, dan jalankan dengan tampilan yang userfolly, eh maap maksudnya userfriendly tinggal pencet tombol next, next, dan next bereess bos,,. Tapi bagaimana dengan pengguna Linux? biasanya kernel mengenali Graphic Card Nvidia dengan sebutan Vesa, tapi kinerja dari Graphic Card tersebut belum berjalan optimal tanpa supir yang sesungguhnya dari Pabrik Nvidia dan hal tersebut biasanya tidak dibundel langsung dengan kemasan.
Hai kawan jangan takut, dan jangan hapus Linux dari partisi anda gara-gara hal sepele tersebut,.tenang..disini saya mau cerita sewaktu saya ingin install Graphic Card NVIDIA MX4000 juga versi lainnya di Linux, gampang kok :P. Cerita nya begini, waktu itu langsung saja saya menuju alamat web http://www.nvidia.com, lalu mondar-mandir baca petunjuk, akhirnya nemu juga linux untuk download driver versi linux, saya pilih arsitektur x86 dengan versi driver 185.18.29 .
Sebagai informasi saya menggunakan kernel vmlinuz-huge-smp-2.6.24.5-smp karena jika saya menggunakan kernel 2.6.24.5.smp si driver mengatakan bahwa versi module tidak sama dengan versi gcc yang saya gunakan, si driver juga mencari module yang sesuai dengan kernel.
Sebelum menjalankan file driver, terlebih dahulu anda harus masuk ke modus teks, caranya tekan tombol ctrl – alt – backspace secara bersamaan,, lalu anda jalankan file dengan user root NVIDIA-Linux-x86-185.18.29-pkg1.run yang anda download tadi,
root@slacker:~/# ./NVIDIA-Linux-x86-185.18.29-pkg1.run
Verifying archive integrity… OK
Uncompressing NVIDIA Accelerated Graphics Driver for Linux-x86 185.18.29……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
jika muncul pesan seperti ini :
WARNING : The NVIDIA GeForce4 MX 4000 GPU installed in this system is
supported through the NVIDIA 96.43.xx legacy Linux graphics
drivers. Please visit http://www.nvidia.com/object/unix.html for
more information. The 185.18.29 NVIDIA Linux graphics driver will ignore this GPU
itu menandakan anda harus menginstall driver dengan versi 96.43.xx sedangkan anda mendownload driver versi 185.18.29. Setelah itu saya langsung arahkan kapal untuk berlayar ke http://www.nvidia.com/object/unix.html setelah saya sampai dipulau tersebut, lalu saya bertanya kepada penduduk disekitar pulau tersebut, “Selamat siang, maaf saya mau tanya. yang namanya driver NVIDIA 96.43.xx dimana ya?” lalu saya langsung di antar olehnya, akhirnya saya bisa bawa pulang driver NVIDIA 96.43.xx.
Setelah itu tinggal anda jalankan saja filenya,
root@slacker:~/# ./NVIDIA-Linux-x86-96.43.13-pkg1.run
Verifying archive integrity… OK
Uncompressing NVIDIA Accelerated Graphics Driver for Linux-x86 96.43.13……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
dan anda akan dipandu sampai tujuan,,setelah beres, untuk mengkonfigurasi x server dengan modus gui,, ada di menu K menu -> System -> NVIDIA X Server Settings

No comments:
Write komentar